Jumat, 26 Oktober 2012

Konsep Teknologi Konvergensi, Jejaring Sosial, Podcasting, RSS, IPTV sebagai Layanan Aplikasi New Media


TEKNOLOGI KONVERGENSI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Konvergensi adalah keadaan menuju satu titik pertemuan; memusat. Konvergensi antara teknologi informasi yang dipadukan dengan teknologi telekomunikasi yang membawa kemudahan dalam komunikasi dan networking melahirkan suatu kolaborasi menarik yang diminati masyarakat dan dapat bermanfaat besar bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat dapat dengan mudahnya saling bertukar voice, data, hingga video. Contoh dari konvergensi itu adalah perkembangan handphone (berawal dari voice lalu bertambah keperluan sms dan bertambah lagi menjadi kebutuhan tukar menukar data hingga akhirnya lahir 3G, kemudian 3,5G dan akan berkembang lagi WIMAX dan 4G) , koneksi internet (dengan menggunakan dial up connection, ADSL ataupun internet mobile). Dari kekonvergenan itu, yang paling menunjang pendidikan adalah internet beserta perangkatnya.
1.    Broadband
Broadband merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.
Akses internet jalur lebar menjadi pasar yang tumbuh dengan cepat dalam banyak bidang di awal 2000 an; satu penelitian menemukan bahwa penggunaan internet jalurlebar di Amerika Serikat tumbuh dari 6% pada Juni 2000 ke nyaris 30% pada 2003.
Beberapa implementasi modern dari jalur lebar telah mencapai 20 Mbit/detik, beberapa ratus kali lebih cepat dari yang ada pada awal internet dan biayanya juga lebih murah; meskipun begitu biaya dan performa bervariasi di berbagai negara.
Negara dengan penetrasi penggunaan jalurlebar tertinggi di dunia adalah Korea Selatan, di mana 23,17% (data Desember 2003) penduduknya memanfaatkan koneksi jenis ini.
2.    Pemanfaatan IT dan Konvergensi
IT yang juga biasa dikenal sebagai Information Technology atau Teknologi Informasi serta telekomunikasi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat cepat. Salah satu teknologi informasi dan telekomunikasi yang sedang berkembang pesat saat ini adalah internet dan handphone. Handphone yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi jarak jauh, saat ini sudah mempunyai multi fungsi. Kita sudah dapat membuka email dan melakukan browsing melalui handphone yang kita miliki dan tidak perlu khawatir dengan biaya yang akan kita keluarkan karena tarif untuk mengakses internet yang diberikan oleh provider telekomunikasi sudah terbilang murah.
Tidak hanya itu, internet juga sangat membantu dan memudahkan kegiatan sehari-hari kita. Berikut adalah beberapa contoh manfaat internet yang merupakan salah satu produk teknologi informasi bagi kita saat ini :
Jika ingin mencari informasi tentang sesuatu, kita dapat menemukannya dengan cepat melalui mesin pencari seperti google, yahoo dan lain-lain.
Pengiriman uang serta pembayaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena sudah hampir semua Bank di Indonesia menggunakan sistem mobile banking dan internet banking. Yang kita butuhkan hanyalah handphone ataupun laptop yang terkoneksi dengan internet untuk melakukan transaksi ini.
Bagi yang ingin berbisnis, internet dapat digunakan sebagai media untuk berjualan dengan membuat website yang berfungsi sebagai toko online dan modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar karena tidak perlu lagi menyewa tempat yang akan dijadikan sebagai toko untuk berjualan.
Bagi pengusaha/pebisnis yang ingin mempromosikan produknya, internet juga dapat digunakan sebagai media promosi sehingga seluruh masyarakat indonesia bahkan dunia dapat mengenal produk yang dipromosikan. Hal ini dapat mendongkrak penjualan dan menguntungkan bisnis yang dijalani.
Berbelanja juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena sudah banyak pebisnis/penjual yang berjualan di internet dengan menggunakan sistem toko online dan pembayaran online.
Bagi yang suka menulis atau sekedar berbagi pengalaman, internet dapat dijadikan sebagai media untuk berbagi informasi ke seluruh nusantara bahkan ke seluruh dunia. Tidak susah, kita dapat memuatnya ke dalam website/blog pribadi kita dengan cara meng-upload tulisan kita tersebut.
Beberapa klub atau komunitas sudah menggunakan sistem pendaftaran online yang dapat dilakukan melalui internet sehingga jika kita ingin bergabung pada suatu klub ataupun komunitas, kita tidak perlu lagi mendatangi kantornya. Yang diperlukan hanyalah mengisi formulir yang disediakan di website klub/komunitas tersebut kemudian mendaftarkannya secara online. Hal ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Praktis bukan.
Hampir semua instasi pemerintah sudah memiliki website sehingga jika kita ingin mengetahui informasi lebih dalam tentang instasi tersebut, kita tinggal mengunjungi website-nya saja.
Jadwal penerbangan serta harga tiketnya dapat dilihat melalui internet karena hampir semua maskapai penerbangan di Indonesia menggunakan sistem online yang artinya kita dapat melakukan pem-booking-an tiket dimana saja & kapan saja.
Bagi yang ingin menambah kenalan atau mempererat tali silaturrahmi, internet juga dapat digunakan ajang kenalan. Kita tinggal mendaftar saja pada suatu website jejaring sosial seperti friendster, facebook dan lain-lain.
Lowongan pekerjaan dapat dicari melalui internet karena sudah banyak perusahan yang membuka lowongan secara online. Jadi bagi yang pengangguran, internet sangat berguna bagi mereka karena dapat memberikan informasi lowongan pekerjaan terkini.
Dan lain-lain.
3.       Media Konvergensi
Dalam perumusan yang lebih sederhana, konvergensi media adalah bergabungnya atau terkombinasinya berbagai jenis media, yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda (misalnya, komputer, televisi, radio, dan suratkabar), ke dalam sebuah media tunggal. Gerakan konvergensi media tumbuh berkat adanya kemajuan teknologi akhir-akhir ini, khususnya dari munculnya Internet dan digitisasi informasi. Konvergensi media ini menyatukan ”tiga-C” (computing, communication, dan content).
Contoh yang mudah kita lihat adalah salah satu produknya, sebagai hasil perkembangan terkini pada teknologi mobile. Handphone yang Anda miliki sekarang bisa melakukan fungsi kalkulator, juga bisa untuk menonton siaran TV, mendengarkan siaran radio, membaca suratkabar online, menerima dan mengirim e-mail, memotret, merekam suara, merekam gambar video, selain tentunya untuk menelepon dan mengirim SMS.

KONSEP JEJARING SOSIAL
1.       Definisi
 Situs jejaring sosial (bahasa Inggris: Social network sites) merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut.. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna.
2.       Sejarah
Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.
Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997.. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. . Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis.  Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh.Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace.. Hingga akhir tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati. .
Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda.. Twitter menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow). .. Kemudian pada tahun ini muncul jejaring sosial baru yaitu youfriends.net lebih memungkinkan fitur-fitur yang belum ada pada jejaring lainnya seperti photo editor,zodiak,ramalan,halaman,game lebih banyak.
3.       Jejaring social
·         Facebook :  adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc.[1] Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.[5][6] Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
·         Twitter : adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan[3] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
·         Youtube : adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri.[2] Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.[2] Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
4.       Kelebihan
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon.Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat
5.       Kelemahan
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.

PODCASTING
1.       Definisi
serangkaian berkas media digital (baik audio maupun video) yang diterbitkan sewaktu-waktu dan sering diunduh melalui penyalur-sedia web (web syndication). Kata ‘podcast’ menelantarkan istilah ‘webcast’ dalam bahasa sehari-hari, karena meningkatnya kegemaran iPod dan pasokan web (web feed).
Cara pengiriman siniar berbeda dengan cara-cara lain – seperti pengunduhan langsung atau penyiaran web beralir (web streaming) – untuk memperoleh berkas media melalui Internet. Daftar semua berkas audio atau video yang terkait dengan rentengan (series) tertentu itu dipelihara secara terpusat pada peladen pengedar (distributor's server) sebagai pasokan web, dan para pendengar atau penonton menggunakan pengunduh siniar (podcatcher) untuk mendapatkan pasokan web, memeriksa pemutakhiran baru, dan mengunduh berkas baru dalam rentengan tersebut. Cara-cara itu dapat diatur untuk berjalan sendiri sehingga berkas baru dapat diunduh dengan sendirinya. Berkas tersebut disimpan secara setempat pada komputer pengguna atau peranti lain siap untuk pemakaian luring: guna memberikan capaian-masuk (access) yang mudah dan nyaman bagi isi kandungan yang diterbitkan sekali-sekala.[2][3] Jenis berkas audio yang umum digunakan siniar mencakup Ogg Vorbis dan MP3.
2.       Manfaat Podcasting
Ada banyak manfaat dari Podcasting yang dapat Anda terima jika Anda menggunakannya sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi:

(1) Meningkatkan visibilitas situs Anda
Audiens target Anda akan dapat menemukan situs Anda lebih mudah ketika Anda daftar podcast Anda di direktori podcast yang tersedia. Visibilitas untuk situs Anda akan meningkat sangat. Demikian pula, mesin pencari akan dapat menemukan podcast Anda lebih mudah juga.

(2) Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif
Salah satu manfaat penting dari Podcasting adalah kenyataan bahwa itu benar-benar menyediakan alat komunikasi tambahan untuk bisnis online Anda. Orang-orang akan datang untuk tahu tentang situs Anda. Apa yang telah ditulis dan ditawarkan di situs Anda akan bisa mendapatkan kredibilitas Anda sebagai seorang penulis ahli di bidang Anda.

(3) Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai tambah menawarkan
Podcasting memungkinkan Anda untuk memberikan nilai tambah menawarkan dalam format audio. Ini akan mempertahankan kepentingan pembaca dan pelanggan sama seperti mereka akan senang dengan tawaran ini. Mereka dapat kembali ke situs Anda untuk podcast mingguan “Pilihan Hot Tips untuk minggu ini”, ini akan menjadi favorit panas bagi mereka dalam perdagangan opsi.

(4) Menyediakan retensi memori yang lebih baik
Podcasting melibatkan melihat, mendengar dan mengalami. Jika digabungkan, memberikan hasil terbaik untuk retensi memori sekitar 75% untuk rata-rata orang. Ini menyimpulkan bahwa pesan audio pasti lebih berkesan dari hanya teks biasa. Retensi memori adalah salah satu manfaat lebih penting bisa Anda dapatkan dari Podcasting.

(5) Menyediakan kemudahan penggunaan
Podcast Anda dapat dengan mudah diputar pada pemutar MP3 portabel. Orang akan dapat mendengarkan podcast Anda di mana saja dan kapan saja. Podcasting membuat mendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa rewel.

(6) Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas
Jika podcast Anda berisi konten yang besar, mereka akan mengarahkan lalu lintas ke situs Web Anda. Hal ini akan menciptakan dampak pada penjualan Anda dan garis bawah. Konten Anda juga harus informatif, menarik, dan harus selalu menyediakan nilai nyata bagi pendengar Anda. Melalui Podcasting, Anda juga dapat berkomunikasi dengan audiens target Anda.

Podcasting adalah trend komunikasi terbaru dengan pemasar di web. Ia menawarkan jangkauan menguntungkan untuk jutaan pendengar yang pelanggan potensial. Kemungkinan pemasaran banyak. Podcasting adalah sekarang rute emas untuk memilih, dan tidak harus dibiarkan keluar sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi.
3.       Komponen Podcasting
·         File audio
·         Podcast Server
·         RSS FEED
4.       Cara Kerja
Requirement:
·         Apache Server
·         Podcast Player (Rhythmbox with plugin)
·         File Audio
Langkah :


–      Ubah Isi tag sesuai dengan kebutuhan informasi
–      Misal pada baris ke 17, ubah “URL” sesuai dengan lokasi file audio dan “length” dengan nilai besar file audio

5.       Model Penyebaran dan berlangganan podcast

KONSEP RSS
1.       Definisi
RSS adalah kepanjangan dari Really Simple Syndication yang berupa sebuah file berformat XML. Sindikasi tersebut umumnya digunakan oleh situs web berita atau blog untuk memberikan info-info terbaru kepada para pembacanya.
Situs berita atau blog memiliki isi/artikel yang terus berubah secara berkala, karena itulah maka situs/blog menggunakan sistem RSS agar para “pelanggannya” tidak ketinggalan info. Sama halnya seperti koran atau majalah, kita harus berlangganan untuk terus mendapatkan berita-berita terbaru hanya saja bedanya dengan sistem RSS adalah anda dapat berlangganan secara gratis. 
2.       Sejarah RSS FEED dan RSS READER
a.       Sejarah RSS
RSS feed di kenal pertama kali di tahun 1999 pada browser NetScape dan banyak sekali perubahan - perubahan yang terjadi pada RSS feed.

Dan berikut ini beberapa evolusi yang terjadi pada RSS feed semenjak tahun 1999 hingga sekarang: RSS pertama kali di kenal sebagai RDF (Resource Description Framework) Site Summary yang pertama kali dipergunakan pada browser Netscape pada bulan maret 1999 di portal Netscape.

Masih di tahun 1999 tepatnya di bulan Juli oleh Dan Libby memperkenalkan prototype RSS feed yang di kenal dengan versi RSS 0.91 (Rich Site Summary) hingga muncul RSS feed versi RSS 1.0 di tahun 2000 yang dikembangkan oleh RSS-DEV Working Group yang berbalik menggunakan nama sebelumnya yaituRDF Site Summary.
Pada bulan September 2002 oleh Dave Winer diperkenalkan RSS feed versi 2.0 yang dikenal saat ini sebagai Really Simple Syndication.
Evolusi RSS feed hingga sekarang :

RDF Site Summary > Rich Site Summary > RDF Site Summary (again) > Really Simple Syndication.
3.       Manfaat RSS
RSS biasanya digunakan secara luas di website yang menyediakan konten yang dinamis dan terupdate secara berkala, seperti halnya blog, portal berita, dan lain-lain.
RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.
Manfaat yang diperoleh dengan adanya RSS adalah pembaca sangat dimudahkan dalam mengetahui update terbaru suatu website tanpa perlu mengunjungi alamat website tersebut, karena pembaca hanya butuh untuk berlangganan pengumpan (feed) dari website tersebut.
Beberapa website atau blog hanya menyediakan umpan RSS berupa beberapa baris kalimat atau ringkasannya saja, namun ada juga yang menyediakan umpan berupa artikel penuh, tergantung tujuan dari masing-masing pengelola website tersebut.

KONSEP IPTV
  1. Definisi IPTV: IPTV adalah suatu layanan multimedia yang terdiri atas programtelevisi, video (gambar bergerak), audio (suara), tulisan (text),graphics (gambar diam) dan data yang disalurkan ke pelangganmelalui suatu jaringan tertutup yang berbasis IP.

    IPTV bukan sekedar siaran TV yang disalurkan melalui internet dandapat diakses oleh siapa saja, tanpa adanya jaminan-jaminan daripenyelenggara.

    Penyelenggara IPTV menjamin pelanggan atas kualitas (QoS/QoE),keamanan (security), kemampuan berinteraktif dan keandalan darilayanan yang disalurkan oleh penyelenggara IPTV sampai layanantersebut diterima oleh pelanggan-pelanggan.

    Dalam layanan IPTV, semua aktivitas layanan baik video ataupun
    “interaktif melalui platform IP”disalurkan ke pelanggan dengansuatu “jaringan tetap broadband” (fixed broadband network) xDSLatau FTTH yang dapat dinikmati oleh pelanggan melalui suatupesawat TV standar dengan IP-STB.
  2. IPTV vs Internet:
IPTV
- Closed system, kualitas layanan terjamin(managed QoS).
- Video konten dikirim hanya kepadapelanggan (known subscriber) Pengiriman melalui IP packets sampaidengan pelanggan (end customer).
- Dikirim melalui infrastruktur jaringan milik service provider.
- Sesuai dengan jangkauan jaringan yang dimilikinya.
- Umumnya menggunakan IP-STB digitaluntuk mengakses dan pengkodeanlayanan konten.Menggunakan PC, software yangdigunakan tergantung formatkonten.
- Biaya
- Video konten dibuat oleh perusahaan profesional, jumlahnya terbatas.

Internet TV
- Open system, kontrol kualitas layanan tidak dijamin (BestEffort QoS).
- Video konten dikirim kepada siapapun Pengiriman melalui IP packets sampai internet cloud sendiri.
- Dikirim dan diterima melalui public internet yang melibatkanbanyak pihak.
- Tidak ada batasan wilayah, dimanapun ada akses internet.
- Umumnya menggunakan PC, software yang digunakan tergantung format konten.
- Gratis
v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar